JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan menggunakan alat peraga yang kongkrit terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Al-hilal Lala. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen one group pretest posttest design (rancangan tes awal-tes akhir ). Dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Al-hilal Lala. Hasil yang diperoleh bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga dikatakan efektif karena berdasarkan hasil uji-t parameter rata-rata lebih besar dari 65 dengan rata-rata 73, terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dengan nilai gain rata-rata 0.44 dengan kentutasan 84% dengan nilai lebih dari 65.

Keyword

alat peraga, hasil belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak